WHAT'S NEW


Inspirasi Gaya Hidup Sehat Fiesta White Tea

Tanggapan Ahli Tentang Mitos Berjinjit Sembuhkan Kelumpuhan Akibat Stroke

Fri, 18 Jan 2019 | Events

Kelumpuhan akibat stroke memang mengerikan. Untuk sembuh total dari stroke, tentu saja kamu harus melakukan terapi secara rutin, dengan dibantu oleh dokter. Jangan lupa, kamu pun wajib menjalankan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat dan rutin melakukan aktivitas fisik.

Nah terkait dengan terapi kelumpuhan akibat stroke, belakangan ini viral cerita tentang seorang pria yang mengaku sembuh total dari stroke hanya dengan melakukan terapi jinjit 50 kali dalam sehari. Benarkah terapi jinjit bisa sembuhkan stroke?

Menurut dr Roslan Yusni Hasan SpBS, ahli bedah saraf dari Hospital Mayapada, Jakarta, menjelaskan jika terapi jinjit tidak bisa menyembuhkan stroke. Menurutnya, ini hanyalah mitos ngawur yang tidak perlu ditanggapi secara serius.

Kalaupun terapi ini dikaitkan dengan olahraga, dr Roslan menjelaskan jika olaharaga tidak bisa menyembuhkan stroke, hanya sebagai upaya pencegahan saja. Selain itu, perlu dipahami juga jika terapi stroke harus dilakukan sesuai dengan pemicunya.

Stroke merupakan kondisi yang disebabkan karena pasokan darah menuju otak terganggu, atau bahkan terhambat, hingga akhirnya membuat jaringan otak kekurangan oksigen dan nutrisi. Dalam kondisi ini, sel-sel otak akan mulai mati, dan menyebabkan terganggunya fungsi tubuh. 

Misalnya, bicara tidak jelas karena otot untuk menggerakan rongga mulut tidak berfungsi, jari dan tangan tidak bisa memegang, hingga mengalami kelumpuhan total.

Untuk mengetahui bagaimana mengatasi stroke, kamu wajib memeriksakan diri ke dokter. Biasanya, dokter akan melakukan pemeriksaan MRI dan CT Scan, untuk selanjutnya baru dipilihkan terapi yang tepat agar proses penyembuhan kelumpuhan akibat stroke ini berjalan maksimal.

Lakukan pencegahan

Mengingat stroke merupakan penyakit yang sangat berbahaya, dan proses penyembuhannya terbilang panjang, hal pertama yang harus Fiesta Lovers lakukan adalah, lakukan upaya pencegaha sejak dini lewat konsumsi makanan sehat, cukup istirahat dan olahraga secara teratur.

Selain itu, penelitian dari Japan's National Cerebral and Cardiovascular Centre, dan dipublikasikan dalam jurnal American Heart Association's Journal Stroke, menyebut jika konsumsi teh putih setiap hari efektif menurunkan risiko stroke hingga 20 persen.

Bagaimana, ternyata mencegah stroke itu mudah bukan? Agar lebih mudah, kamu bisa mengonsumsi Fiesta White Tea, minuman teh putih ready to drink pertama di Indonesia, yang mengandung segala kebaikan teh putih, sehingga baik untuk membantu kamu mencegah stroke. Selamat mencoba!