WHAT'S NEW


Inspirasi Gaya Hidup Sehat Fiesta White Tea

Tak Selamanya Membahagiakan, tapi Nostalgia Bisa Sehatkan Mental

Mon, 20 Aug 2018 | Events

Nortalgia atau mengenang kembali masa lalu merupakan salah satu hal yang menyenangkan. Misalnya, mengingat pertama kali bertemu dengan pasangan atau saat pasangan menyatakan cinta, akan membuat hati berbunga-bunga, dan Anda pun merasa sangat bahagia.

Tapi tidak hanya membahagiakan lho Fiesta Lovers, bernostalgia dengan mengingat hal-hal menyenangkan di masa lalu ternyata bisa sehatkan mental juga lho!

Menurut penelitian di tahun 2008 kemarin, menyebut jika bernostalgia efektif untuk meningkatkan persepsi sejumlah orang terhadap dukungan sosial. Efeknya, Anda akan mampu melawan kesepian dan termotivasi untuk segera bangkit dan menjelma jadi pribadi yang lebih baik.

Dalam penelitian lainnya yang dilakukan di tahun 2013 silam, orang-orang yang gemar bernostalgia dengan masa lalu yang menyenangkan cenderung lebih optimis dalam menghadapi masa depan, dan memacu mereka jadi lebih bersemangat dalam menjalani hidup.

Hal ini utamanya disebabkan karena pikiran indah tentang masa lalu akan membuat kita merasa punya dukungan dari orang-orang yang peduli dengan kita.

Pendapat serupa diutarakan pakar nostalgia Krystine Batcho, PhD, yang mengatakan jika aktivitas sederhana ini mampu menghadirkan kenangan suka dan duka dalam hidup, sekaligus mengingatkan Anda tentang sejumlah perubahan dan kayanya sebuah kehidupan.

Saat dulu berada di masa-masa sulit, Anda berhasil bangkit dan berproses untuk jadi pribadi yang lebih baik. Kondisi ini pun akan memotivasi Anda untuk segera keluar dari kesulitan yang sekarang sedang menghimpit. Prinsipnya, kalau dulu bisa selesai, kenapa sekarang tidak?

Hal yang sama berlaku saat dulu berada di masa-masa menyenangkan, Anda akan terpacu untuk meraih kembali kejayaan masa lalu hingga Anda pun akan termotivasi untuk bekerja lebih efektif. Kalau dulu bisa berhasil, sekarang pun pasti bisa kembali berhasil!

Seluruh kenangan di masa lalu inilah yang akan membuat mental Anda lebih kuat, optimis dalam menjalani hidup, dan selalu yakin akan ada solusi di tengah kesulitan yang mungkin sedang menyerang. Hal inilah yang membuat nostalgia akan membuat mental Anda jauh lebih sehat.

MUST READ


Baca Berita & Tips Menarik Lainnya