WHAT'S NEW


Inspirasi Gaya Hidup Sehat Fiesta White Tea

Posisi Duduk Ini Bisa Bikin Mood Kamu Lebih Baik

Thu, 16 Aug 2018 | Events

Baru-baru ini sebuah penelitian yang dilakukan tim peneliti dari University of Auckland, dan diterbitkan dalam jurnal Behaviour Therapy and Experimental Psychiatry, menemukan fakta jika postur tubuh dan posisi duduk berperan penting dalam memperbaiki mood.

Dilansir dalam Medical Daily, tim peneliti mulai melakukan studi tentang bagaimana cara memperbaiki mood orang yang depresi dengan cepat. Setelah beberapa penelitian dilakukan, mereka menyimpulkan jika postur tubuh yang baik efektif membantu meningkatkan mood dan mengurangi stres.

Dalam penelitian ini, 61 orang peserta dilibatkan dengan tingkat depresi ringan hingga sedang. Para peserta penelitian pun kemudian ditugaskan untuk mempraktikkan dua posisi duduk, yakni duduk tegak dan duduk membungkuk, mirip dengan posisi yang biasa kita lakukan sehari-hari.

Hasilnya, mereka yang mengalami depresi dan duduk dengan posisi membungkuk (posisi duduk close heart syndrome) cenderung lebih mudah mengeluarkan kata-kata yang menggambarkan kesedihan, dan membuat gejala depresi mereka makin parah.

Sementara peserta yang duduk dengan posisi tegak cenderung lebih berenergi. Suasana hati mereka pun lebih terkontrol, dan lebih fokus pada diri sendiri. Dalam jangka waktu tertentu, mereka pun jadi lebih terbuka, dan gejala depresi pun perlahan memudar.

Meskipun begitu, penelitian ini masih bersifat sementara dan butuh pengembangan lebih lanjut untuk mengetahui efek jangka pendek jangka panjang pada penurunan gejala depresi.

Dalam penelitian sebelumnya, posisi duduk tegak, terbukti ampuh meningkatkan konsentrasi, dan memiliki energi yang lebih baik ketimbang posisi duduk membungkuk.

Hal ini disebabkan karena posisi organ pernafasan jadi lebih lancar, dan peredaran darah pun jadi lebih lancar sehingga memungkinkan untuk menghantarkan nutrisi ke seluruh tubuh, termasuk nutrisi yang dibutuhkan otak untuk terus berpikir.

Dalam keterangannya, Ruhr University Bochum, psikolog klinis di University of Hildesheim, posisi duduk tegak juga efektif untuk meningkatkan daya ingat dan membuat seseorang cenderung menggunakan kata-kata bernada positif.

So, mulai sekarang cobalah untuk mengubah posisi duduk jadi lebih tegak dengan pandangan yang lurus ke depan. Dengan cara ini, seluruh organ tubuh akan bekerja lebih maksimal, dan kamu pun bisa terhindar dari risiko depresi.