WHAT'S NEW


Inspirasi Gaya Hidup Sehat Fiesta White Tea

Pencinta Kopi Bisa Alami Overdosis Kafein, Bagaimana Dengan Pencinta Teh?

Tue, 16 Oct 2018 | Events

Pernahkah kamu merasakan jantung berdebar kencang, keringat dingin bercucuran dan tubuh rasanya lemas setelah mengonsumsi kopi atau makanan lainnya yang tinggi kafein? Jangan diabaikan, mungkin kamu sedang mengalami overdosis kafein.

Kasus overdosis kafein ini sendiri tergolong jarang terjadi. Biasanya, kasus ini terjadi saat kamu mengombinasikan makanan dengan kandungan kafein tinggi, seperti suplemen atau energy drink, dengan cokelat, kopi, minuman bersoda dan makanan tinggi kafein lainnya.

Gejalanya sendiri cukup bervariasi, dari mulai jantung berdebar dengan sangat cepat dan tidak teratur, merasa bingung, keringat dingin mengucur, badan lemas, susah bernapas, gelisah dan bingung. Dalam kondisi parah, overdosis kafein bisa menyebabkan kematian.

Menurut Mayo Clinic, jumlah kafein yang bisa ditoleransi tubuh rata-rata 400 mg kafein, atau rata-rata sekitar 4 cangkir kopi. Akan tetapi, kamu yang tergolong sensitif kafein sebaiknya mengurangi dosis konsumsi kafein hingga 200 mg, atau 2 cangkir kopi.

Dengan kata lain, overdosis kafein bisa terjadi jika kamu mengonsumsi kopi lebih dari 4 cangkir kopi, misalnya 6-8 cangkir. Tapi perlu dicatat, kopi yang dimaksud di sini merupakan kopi murni, bukan kopi instan yang rata-rata memiliki jumlah kafein kurang dari setengah kopi murni.

Bagaimana dengan penggemar teh, bisakah mengalami overdosis kafein?

Seperti dijelaskan di atas, overdosis kafein bisa terjadi jika kamu mengonsumsi kafein lebih dari 200mg kafein, dan kasusnya tergolong jarang. Teh sendiri memang mengandung kafein, tapi riset Mayo Clinic menyebut jika jumlah kafein dalam teh sangat sedikit, perbandingannya bisa mencapai 40 kali.

Dengan kata lain, jika 4-6 cangkir kopi bisa membuatmu mengalami overdosis kafein, maka kamu butuh 160-240 cangkir teh untuk mengalami kondisi serupa. Sedangkan rata-rata orang hanya mengonsumsi maksimal 6 cangkir teh per hari.

Jadi sudah jelas kan Fiesta Lovers kalau teh jauh lebih aman, dan risiko mengalami overdosis kafein tergolong sangat kecil, bahkan untuk kamu yang sensitif terhadap kafein.