WHAT'S NEW


Inspirasi Gaya Hidup Sehat Fiesta White Tea

Mengistirahatkan Otak Sejenak Bisa Mempertajam Ingatan Lho!

Fri, 17 Aug 2018 | Events

Beberapa orang akan memilih untuk meneruskan pekerjaan, dan memaksa otak untuk bekerja keras saat mereka berhadapan dengan pekerjaan yang sulit, apalagi jika deadline pekerjaan tersebut sudah di depan mata. Efektifkah trik tersebut?

Ternyata tidak Fiesta Lovers, memaksa otak untuk bekerja keras bukanlah pilihan bijak. Alih-laih pekerjaan cepat selesai, trik seperti ini justru akan membuat otak kelelahan dan kemampuan berfikir pun menurun drastis. Yang paling mengkahwatirkan, daya ingat pun akan menurun.

Lantas, bagaimana dong solusinya?

Dalam penelitian yang dilakukan Heriot-Watt University, di Edinburgh, dan diterbitkan dalam jurnal Nature Scientific Reports, menemukan fakta jika mengistirahatkan otak sejenak di tengah pekerjaan yang sulit tidak hanya membuat Anda bekerja lebih efektif, tapi juga mampu mempertajam ingatan.

Dalam keterangannya, Michael Craig dan Michaela Dewar, dari Heriot-Watt University, menjelaskan jika beristirahat efektif membantu otak untuk mengatur kembali memori, sehingga memori yang sebelumnya telah melemah karena bekerja keras, akan kembali ke dalam kondisi terbaiknya.

Tidak hanya membuat konsentrasi kembali penuh, proses ini pun akan meningkatkan kemampuan otak dalam mencerna informasi dan merangsang otak untuk memunculkan ingatan-ingatan baru.

Hal senada diungkap Benedict Carey, penulis buku How We Learn: The Surprising Truth About When, Where, and Why It Happens, yang menyebut otak manusia pada dasarnya punya kemampuan luar biasa untuk menyerap banyak informasi sekaligus.

Tapi hal ini baru akan terjadi saat proses mencerna informasi tersebut dipisah dalam selang waktu tertentu, misalnya 10-20 menit per informasi baru.

Bagaimana caranya mengistirahatkan otak?

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengistirahatkan otak, salah satunya dengan tidur. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa mengistirahatkan otak dengan cara menonton tayangan atau membaca tulisan humor, atau bermain games ringan selama 5 menit.

Intinya, di sela pekerjaan yang begitu padat, Anda harus menyempatkan diri untuk bersenang-senang. Selain itu, perkuat kemampuan otak dengan istirahat yang cukup, rutin berolahraga, dan konsumsi makanan sehat. Selamat mencoba Fista Lovers!

 

MUST READ


Baca Berita & Tips Menarik Lainnya