WHAT'S NEW


Inspirasi Gaya Hidup Sehat Fiesta White Tea

Klik Dokter : White Tea, Tak Populer Tapi Kaya Manfaat

Tue, 27 Dec 2016 | Events

Pernah mencoba white tea? Walaupun tergolong varian baru, white tea cukup banyak diminati masyarakat karena menawarkan rasa dan aroma yang ringan. Di samping itu, para penikmat teh juga percaya akan khasiat white tea yang diyakini dapat menjaga kesehatan.

 

Asal Mula White Tea

Di daerah asalnya yakni provinsi Fujian di dataran Cina, white tea terkenal cukup langka. Pasalnya, white tea hanya bisa dipetik dan dipanen satu kali dalam setahun, yakni pada musim semi.

Proses penanaman dan pengolahannya pun tidak bisa dilakukan sembarangan. Pada white tea, bagian daun yang digunakan adalah pucuk termuda. Setelah dipetik, pucuk daun teh harus segera diolah dalam proses yang sangat singkat. Singkatnya proses pengolahannya bertujuan agar sifat dan kandungan asli daun teh terjaga semaksimal mungkin dan manfaatnya  tetap optimal.

 

Tak Hanya untuk Jiwa

“When I drink tea, I’m conscious of peace,” demikian petikan puisi dari Lu Tong, seorang filsuf Cina. Ini mengingatkan pada salah satu manfaat teh yang dapat memberikan ketenangan jiwa. Ya, salah satu manfaat teh yang bisa langsung dirasakan adalah efek relaksasi.

Selain kesehatan jiwa, teh juga bermanfaat dalam memelihara kesehatan tubuh. Manfaat ini didapatkan dari kandungan antioksidan pada teh. Salah satu jenis antioksidan, yaitu katekin, banyak terdapat pada white tea. Antioksidan ini berperan dalam menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Suatu penelitian (Koutelidakis dkk.) menyebutkan bahwa antioksidan pada teh juga ditemukan di darah serta di berbagai organ seperti jantung dan paru. Dengan demikian, kesehatan organ-organ tersebut juga dapat terjaga baik.
Belum cukup sampai di situ. Kandungan katekin pada white tea juga membantu menjaga berat badan tetap ideal dengan meningkatkan metabolisme tubuh. Berbarengan dengan olahraga teratur, konsumsi white tea terbukti mampu membantu memecah lemak yang telanjur tersimpan dan mencegah penumpukan lemak di dalam tubuh.

Sederet manfaat tersebut menjadikan white tea mampu mengungguli jenis teh lain yang telah lebih dulu populer, seperti green tea, black tea, maupun oolong tea. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi untuk menambahkan white tea di daftar minuman favorit. Pikiran tenang, tubuh sehat, dan bonusnya: postur tubuh juga tetap terjaga ideal.

Source: klikdokter.com