WHAT'S NEW


Inspirasi Gaya Hidup Sehat Fiesta White Tea

Kenapa Tidur Miring Ke Kiri Sangat Penting Bagi Kesehatan?

Wed, 14 Nov 2018 | Events

Bagaimana posisi tidur kamu Fiesta Lovers? Apakah tengkurap, terlentang atau malah miring? Nah mulai sekarang cobain yuk posisi tidur miring ke kiri. Selain bisa bikin tidur lebih nyenyak, posisi tidur miring ke kiri pun memiliki banyak manfaat kesehatan lho. Mau tahu apa saja?

Memperkuat Sistem Limfatik

Berdasarkan catatan teknik pengobatan Ayurveda, tidur dengan miring ke sisi kiri akan memungkinkan tubuh untuk lebih efektif menyaring cairan getah bening dan kotoran melalui kelenjar getah bening. Hal ini disebabkan karena bagian kiri tubuh kita merupakan sisi limfatik yang dominan.

Tidur miring ke kiri pun akan membantu tubuh memproses material sisa dari otak dengan baik, sehingga efisiensi sistem limfatik akan jauh lebih meningkat.

Bagus Untuk Jantung

Banyak pakar kesehatan yang menyarankan agar wanita hamil tidur menyamping ke sisi kiri. Selain mampu meredakan tekanan di punggung, cara ini pun efektif untuk memperbaiki sirkulasi jantung.

Buat kamu yang tidak sedang hamil, tidur menyamping ke sisi kiri efektif untuk mengurangi tekanan jantung. Hal ini disebabkan karena gravitasi efektif untuk memperlancar pengeluaran getah bening ke arah sirkulasi aorta dari jantung.

Memperbaiki Pencernaan

Menurut penelitian terbaru, posisi berbaring ke sisi kiri ternyata selaras dengan gravitasi. Hal inilah yang akan membuat makanan di perut dengan mudah berpindah dari usus besar menuju kolon desendens. Efeknya, buang air besar setelah bangun tidur akan cenderung lebih lancar.

Selain itu, tidur di sisi kiri pun akan memungkinkan perut dan pankreas menggantung secara alami, sehingga produksi enzim pankreas akan berjalan lebih maksimal.

Mengurangi Rasa Mulas

Penelitian yang dipublikasikan dalam The Journal of Clinical Gastroenterology, menyebut jika berbaring di sisi kiri efektif untuk mengurangi gejala asam refluks. Hal ini utamanya disebabkan karena lambung kita berada di sebelah kiri.

Tim peneliti pun menyarankan kamu untuk berbaring ke sebelah kiri selama 10 menit untuk mengatasi masalah heart burn setelah makan, dan gangguan di perut lainnya.  Jadi bagaimana dengan kamu Fiesta Lovers, sudahkah mencoba tidur dengan posisi menyamping ke kiri?