WHAT'S NEW


Inspirasi Gaya Hidup Sehat Fiesta White Tea

Inilah Efek Buruk Mengonsumsi Gula Berlebih Bagi Kesehatan Mental

Wed, 26 Dec 2018 | Events

Salah satu hal umum yang sudah kita ketahui adalah, makanan manis meningkatkan risiko diabetes. Tapi sayang Fiesta Lovers, risiko konsumsi makanan manis dalam jumlah banyak ternyata tidak berhenti pada diabetes saja. Masih ada dampak lainnya yang jauh lebih mengerikan.

Yup, diabetes berisiko menyebabkan konflikasi yang sangat parah, dari mulai kerusakan organ dalam, seperti ginjal, liver, dan paru-paru. Diabetes pun meningkatkan risiko kebutaan, cacat permanen karena amputasi, dan bisa menyebabkan masalah mental.

Hal ini dibuktikan lewat penelitian yang dilakukan tim peneliti dari Queensland University, Australia, yang menyebut konsumsi gula dalam jumlah berlebih memiliki efek yang sama buruknya dengan konsumsi kokain atau menggunakan morfin.

Pembuktiannya dilakukan dengan mengamati perbandingan efek konsumsi gula dan nikotin pada hewan percobaan. Seperti dikutip dari Telegraph, Senin (18/4/2016), mereka memastikan bahwa konsumsi gula dapat menimbulkan efek yang sama dengan rokok, kokain maupun morfin.

Dalam keterangannya, Prof Selena Bartlett, ketua penelitian dari Institute of Health and Biomedical Innovation, menjelaskan jika konsumsi gula, kokain dan morfin sama-sama meningkatkan level dopamine di otak untuk mendatangkan perasaan gembira dan puas.

Tapi itu hanya sementara Fiesta Lovers. Pasalnya, seiring dengan berjalannya waktu, kebiasaan mengonsumsi gula secara berlebih ini justru malah akan menurunkan level dopamine, hingga akhirnya kamu pun rawan mengalami stres, depresi, dan masalah mental lainnya.

Menurunkan Kemampuan Kognitif

Tidak hanya masalah kesehatan mental, konsumsi gula berlebih pun dapat menurunkan kemampuan kognitif untuk menyimpan informasi, dan lambat dalam memberikan respons pada informasi tersebut.

Penelitian yang dilakukan tim peneliti dari Universitas Otago, Selandia Baru, dan dipublikasikan dalam jurnal Physiology & Behavior, menyebut jika konsumsi makanan tinggi gula dalam jumlah banyak tidak hanya sebabkan masalah kesehatan mental, tapi juga menurunkan kemampuan kognitif.

Konsumsi gula dalam jumlah banyak dan dalam jangka panjang dapat merusak sel-sel otak, dan membuat fungsi memori terganggu. Selain itu, fungsi repons dan hal lainnya yang berhubungan dengan kecerdasan, akan mengalami penurunan yang sangat signifikan.

Efeknya tidak hanya membuat kamu jadi lemot, konsumsi gula pun bisa membuat kamu jadi pelupa, dan pikun di usia dini. Waduh, ternyata berbahaya juga ya Fiesta Lovers!