WHAT'S NEW


Inspirasi Gaya Hidup Sehat Fiesta White Tea

Ini Saran Pakar Agar Diet Tidak Gagal Lagi!

Thu, 31 Jan 2019 | Events

Ada banyak program diet yang ditawarkan untuk menurunkan berat badan, sekaligus membentuk tubuh jadi lebih indah. Tapi sayang, tidak semua orang mampu berhasil dengan dietnya. Terkadang, diet tersebut gagal di tengah jalan karena beragam kondisi.

Lantas bagaimana solusinya?

Menurut Chalene Johnson, pakar diet dan fitnes dari Amerika, menyebut jika kebanyakan orang hanya fokus kepada mengurangi porsi makan, bahkan mereka melakukannya dengan sangat ekstrem. Padahal, diet ekstrem justru berbahaya, dan malah merugikan kamu sendiri.

Menurutnya, mengurangi porsi makan, atau bahkan melewatkan makan hanya akan membuat tubuh memproduksi lebih banyak hormon kortisol, yang dikenal sebagai hormon stres. Celakanya, hormon ini ternyata malah akan membuat tubuh menyimpan lebih banyak lemak di area perut dan paha.

Tentu saja apa yang disampaikan Johnson bukan tanpa alasan. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam New England Journal of Medicine, menyebut jika orang yang makan 6 kali dalam sehari, memiliki kadar kortisol 17 persen lebih rendah ketimbang mereka yang makan 3 kali sehari.

Artinya, dilansir dalam Women's Health, penelitian ini menyarankan agar kamu makan lebih sering tapi dalam jumlah kecil, ketimbang menahan lapar demi makan 3 kali sehari, tapi dalam jumlah yang banyak.

Pola makan 6 kali sehari ini dilakukan dengan cara :

  1. Sarapan pagi, dengan porsi karbohidrat, lemak, vitamin, protein serat dan nutrisi lainnya. contohnya oatmeal dengan telur dan susu, atau tambahan buah-buahan dan sayuran segar.
  2. Camilan sebelum makan siang (jam 9-10 pagi), dengan menu makanan dengan kandungan lemak baik, protein dan serat, contohnya alpukat, kacang-kacangan dan camilan sehat lainnya.
  3. Makan siang dengan porsi karbohidrat yang dipotong hingga 50 persen, tapi menambahkan jumlah vitamin, protein, dan makanan tinggi serat.
  4. Camilan sore sebelum makan malam (jam 3-5 sore), dengan menu utama makanan tinggi serat, lemak baik, dan protein nabati.
  5. Makan malam (sebelum jam 7 malam) dengan jumlah karbohidrat sangat minim, dan perbanyak makanan tinggi vitamin, serat, lemak baik dan protein.
  6. Camilan sebelum tidur yang berisi makanan tinggi serat, vitamin dan protein. Bisa diisi dengan segelas susu, atau dengan tambahan alpukat dan lainnya.

Yang tidak kalah pentingnya, pastikan kamu pun rutin melakukan aktivitas fisik, seperti berjalan kaki, jogging, bersepeda atau jenis olahraga lainnya yang berfungsi untuk membakar timbunan lemak dalam tubuh. Bagaimana Fiesta Lovers, mudah bukan? Selamat mencoba!