WHAT'S NEW


Inspirasi Gaya Hidup Sehat Fiesta White Tea

Ini Lho Dampak yang akan Terjadi Jika Mandi Terlalu Lama

Mon, 31 Dec 2018 | Events

Mandi merupakan aktivitas sehari-hari yang dibutuhkan untuk membersihkan badan. Idealnya, kamu wajib mandi 2 kali dalam sehari, di pagi dan sore hari. Terkait waktu mandi, ada orang yang mandinya sangat lama, bahkan mencapai 1 jam lebih. Ada juga yang sangat cepat, kurang dari 10 menit.

Mandi Cukup 5 Menit Saja

Menurut Dr. Stephen Shumack, Kepala Australasian College of Dermatologists, mandi yang baik hanya butuh 5-7 menit saja, dan itu sudah mencakup membersihkan seluruh tubuh, termasuk mencuci rambut dengan shampoo, alias keramas.

Dalam durasi yang sangat singkat tersebut, Dr. Stephen mengatakan jika mandi dengan sabun sudah cukup ampuh mengusir bau badan, keringat, dan minyak berlebih di permukaan kulit. Perlu di ingat, bagian tubuh yang menghasilkan bau tak sedap hanyalah ketiak dan selangkang saja, bukan seluruh tubuh.

Di sisi lain, mandi cepat (5-7 menit) pun akan membuat kulit mampu mempertahankan minyak alaminya, sehingga kulitmu akan terhindari dari kekeringan.

Sebaliknya, jika kamu terbiasa mandi dalam waktu yang lama, bahkan mencapai 1 jam lebih, sebaiknya mulailah untuk khawatir. Pasalnya, Dr. Stephen menjelaskan jika sabun dan air akan membuat minyak alami di kulit akan tergerus dan berisiko menyebabkan kulit kering.

Masalah lainnya yang ditimbulkan dari kulit kering ini adalah, keriput yang mudah menyerang, jerawat, kulit kusam, dan masalah kulit lainnya.

Selain itu, mandi terlalu lama akan mengacaukan keseimbangan kadar bakteri di permukaan kulit. FYI, di permukaan kulit tidak hanya terdapat bakteri jahat, tapi juga bakteri baik. Saat mandi, sabun antibakteri akan membunuh semua bakteri tersebut, tanpa pilih-pilih.

Kondisi ini sangat berbahaya karena bisa meningkatkan risiko infeksi jamur, dan masalah kulit, seperti munculnya ruam, kulit terasa gatal dan lainnya.

Hal inilah yang membuat Dr. Stephen menyarankan kamu untuk mandi cepat, dan jangan lupa untuk membersihkan area ketiak, selangkang, dan bokong secara menyeluruh. Selain itu, gunakan sabun yang lembut di kulit, dan sedikit mengandung parfum.

Nah kalau kamu biasa mandi lama atau sebentar Fiesta Lovers?