WHAT'S NEW


Inspirasi Gaya Hidup Sehat Fiesta White Tea

Ini Bukti Ilmiah Jika Pernikahan Bisa Bikin Kamu Lebih Bahagia

Thu, 10 Jan 2019 | Events

Puas-puasin dulu main, baru setelah itu menikah! Pernah denger kan nasihat seperti itu? Yup, nasihat tersebut menggambarkan bagaimana rumitnya hubungan pernikahan. Bagi beberapa orang, menikah bahkan asosiasikan sebagian hidup terkekang.

Harus diakui, setelah menikah kamu memang harus memiliki batasan, seperti mengurangi berpikir ulang saat akan membeli sesuatu, membatasi untuk bersenang-senang (terutama dengan lawan jenis), dan hal lainnya. Tapi itu hal yang wajar, dan tidak membuktikan gambaran penikahan yang menyeramkan.

Justru sebaliknya, sebuah penelitian yang dilakukan Vancouver School of Economics, menyebut jika orang yang sudah menikah cenderung lebih bahagia.

Dalam survei kali ini, periset menggunakan data dari dua survei di Inggris, yakni Survei Panel Rumah Tangga Inggris jangka panjang (BHPS), dengan jumlah responden sebanyak 30 ribu orang dan dilakukan dalam kurun waktu 1991-2009.

Sementara data kedua berasal dari Survei Penduduk Tahunan yang dilakukan dalam kurun waktu 2011-2013, dengan jumlah respon lebih dari 328 ribu orang.

Hasilnya, dari seluruh survei tersebut diketahui jika orang yang sudah cenderung lebih puas dalam kehidupannya, ketimbang saat mereka masih lajang. Bahkan kehidupan mereka jauh lebih bahagia setelah beberapa tahun menikah dan memiliki anak.

Menurut Profesor John Helliwell, penulis utama penelitian, hasil penelitian ini membuktikan jika pernikahan memberikan efek kausal dari setiap tahapannya, yang dimulai dari kebahagiaan pra-nikah, hingga hubungan pernikahan yang berlangsung lama.

Dalam pernikahan, seseorang akan banyak belajar mengenai kehidupan, tanggung jawab, meringankan kelalaian, dan kebahagiaan dalam kebersamaan.

Lebih lanjut lagi, Profesor John menjelaskan, saat menikah dan memiliki anak, seorang wanita akan menyandang status sebagai seorang istri dan ibu. Jelas ini sangat spesial karena bagi wanita, status ini merupakan bukti jika mereka telah berhasil jadi wanita seutuhnya.

Meskipun begitu, bukan berarti kamu harus segera menikah Fiesta Lovers. Sebelum mengambil keputusan besar ini, tetap kamu harus berhitung banyak, dari mulai kecocokan dengan pasangan, kematangan psikologi, dan tentu saja rencana masa depan terkait finansial.