WHAT'S NEW


Inspirasi Gaya Hidup Sehat Fiesta White Tea

Hati-hati! 4 Kebiasaan Mandi Ini Malah Bikin Kulit Jadi Kering

Wed, 16 Jan 2019 | Events

Mandi merupakan salah satu rutinitas wajib yang harus dilakukan setiap hari, yang bertujuan untuk menghilangkan kotoran dan mengangkat kulit mati yang tertinggal di permukaan kulit. Meskipun begitu, kamu harus hati-hati karena mandi pun ada aturannya.

Dilansir dalam Huffington Post, berikut merupakan 4 kebiasaan buruk saat mandi yang justru bisa menyebabkan kulit jadi kering.

Mandi Terlalu Lama

Banyak yang berpikir jika mandi lama bisa memberihkan tubuh dengan maksimal. Makin lama mandi, makin bersih pula kulit.

Faktanya, terlalu lama mandi justru bisa berakibat buruk bagi kulit. Selain kotoran dan sisa sel kulit mati yang terangkat, mandi lama pun akan membuat minyak alami di kulit ikut terbuang. Hal ini sangat buruk, mengingat kehilangan minyak alami kulit bisa menyebabkan masalah kulit kering. 

Pakai Sabun Berlebihan

Mandi dengan memakai sabun dengan busa melimpah memang sangat menyenangkan. Tapi hati-hati, di dalam sabun terdapat surfaktan, yang merupakan bahan kimia yang mampu menarik minyak dan air dalam kulit, dan membuat kelembaban kulitmu menghilang.

Imbasnya, kebiasaan mandi dengan sabun berlebihan justru akan membuat kulitmu jadi kering, rentan terserang jerawat dan masalah kulit lainnya.

Membilas Tidak Bersih

Biasanya, saat terburu-buru banyak orang yang mengabaikan pembilasan saat mandi. Padahal, membilas merupakan proses yang sangat penting, yang berfungsi untuk menghilangkan sisa kotoran dan sel kulit mati yang terangkat oleh sabun.

Selain itu, kebiasaan mandi seperti ini pun akan membuat kulit jadi kering, bahkan bukan tidak mungkin sisa sabun tersebut malah akan mengiritasi kulit.

Mengelap Tubuh Dengan Kasar

Heidi Waldorf, direktur Dermatologi Kosmetik Moutn Sinai Hospital, New York City, Amerika, menjelaskan jika mengelap tubuh setelah mandi ada aturannya. Selain harus menggunakan handuk lembut dan bersih, proses pengelapan pun harus dilakukan dengan hati-hati.

Mengelap dengan kasar akan membuat kulit terluka, dan membuatnya lebih cepat kering. Terlebih setelah mandi kulit akan kehilangan minyak alaminya. Untuk menghindari dampak buruk tersebut, sebaiknya keringkan tubuh dengan cara menepuk-nepuk tubuh dengan handuk kering dan lembut.