WHAT'S NEW


Inspirasi Gaya Hidup Sehat Fiesta White Tea

Durasi Tidur Siang yang Ideal Itu 90 Menit

Wed, 08 Aug 2018 | Events

Tidak hanya bagi anak-anak, tidur siang pun memiliki manfaat yang luar biasa bagi orang dewasa. Bahkan dalam sebuah penelitian, seseorang yang memanfaatkan waktu istirahatnya untuk tidur siang, cenderung bebas stres dan mampu bekerja jauh lebih efektif.

Yang jadi pertanyaan, berapa durasi ideal tidur siang?

Ada banyak pendapat terkait dengan durasi tidur siang. Menurut Dr. Michael Breus, tidur siang idealnya dilakukan selama 10-20 menit untuk memberi penyegaran pada otak. Cara kerjanya sama seperti komputer yang sudah lama digunakan, kemudian disegarkan dengan cara direstrar atau direfresh.

Sementara menurut Sara Mednick Ph.D, peneliti dari Universitas California, Anda bisa memperpanjang durasi tidur siang jika setelah tidur siang singkat (10-20 menit), kepala terasa pusing dan tubuh masih terasa lemas karena recovery yang kurang maksimal.

Menurutnya, 90 menit merupakan waktu tidur siang yang sangat ideal dan sudah memenuhi satu siklus tidur, dari mulai tidur dangkal hingga tidur dalam. Efeknya sangat berbeda. Karena siklus tidur yang terpenuhi dengan sempurna, maka Anda pun akan merasa sangat segar saat bangun tidur.

Agar manfaat yang dirasakan lebih maksimal, Sara menyarankan agar Anda konsisten dengan jadwal tidur siang setiap hari. Pasalnya, dengan tidur sesuai jadwal, tubuh secara otomatis akan mengenali kapan untuk mengurangi energi sehingga dia bisa tidur siang dengan cepat dan tidak pusing saat bangun.

Agar tidak kebablasan

Ada banyak trik yang bisa Anda lakukan agar tidak kebablasan saat akan melakukan tidur siang. Salah satu trik yang paling populer adalah, dengan memasang alarm selama 90 menit. Selain itu, beberapa trik berikut ini bisa Anda pertimbangkan agar tidak kebablasan saat tidur siang.

  1. Lakukan tidur di jam dan waktu yang sama setiap hari. Waktu yang disarankan adalah jam 1-2 siang.
  2. Lakukan aktivitas ringan, seperti peregangan setelah bangun tidur.
  3. Konsumsi kopi sebelum tidur siang. Jangan khawatir, efek kafein dalam kopi butuh waktu untuk bekerja sehingga Anda masih bisa melakukan tidur siang.

Bagaimana Fiesta Lovers, tertarik untuk mencoba trik tidur siang selama 90 menit ini?