WHAT'S NEW


Inspirasi Gaya Hidup Sehat Fiesta White Tea

5 Tanda Tubuhmu Kekurangan Vitamin D, Cek Yuk!

Tue, 12 Feb 2019 | Events

Penelitian yang diterbitkan dalam  Journal of Pharmacology & Pharmacotherapeutic, menyebut jika hampir 50% penduduk bumi mengalami kekurangan vitamin D. Padahal, 80% kebutuhan vitamin D bisa kamu dapatkan secara gratis, yakni sinar matahari pagi dan sore.

Apakah kamu termasuk dalam setengah penduduk bumi yang kekurangan vitamin D? Daripada hanya menduga, mendingan kita simak yuk tanda tubuh kekurangan vitamin D.

1. Nyeri Tulang dan Punggung

Vitamin D berfungsi untuk memaksimalkan penyerapan kalsium oleh tulang, dan menjaga kesehatan tulang. Saat tubuh kekurangan vitamin D, efeknya kesehatan tulang akan terganggu, dan kamu pun akan mengalami nyeri tulang, terutama di area punggung yang menopang bobot tubuh.

2. Otot Menjadi Lemah

Penelitian yang dilakukan tim peneliti dari University of Tulsa, menyebut jika salah satu gejala kekurangan vitamin D adalah, otot-otot tubuh melemah. Kamu akan sulit mengangkat beban, kesulitan saat akan melakukan lompatan, dan aktivitas fisik lainnya.

3. Merasa Tertekan

Beberapa penelitian membuktikan jika kekurangan vitamin D berkaitan erat dengan perasaan tertekan dan meningkatkan risiko. Hal ini disebabkan karena vitamin D bekerja di area otak, yang menyebabkan peningkatan hormon serotonin dan dopamine yang mempengaruhi suasana hati.

4. Luka sulit Sembuh

Vitamin D berperan dalam melawan peradangan dan infeksi yang bisa menghambat penyembuhan luka. Selain itu, vitamin D bekerja efektif untuk memaksimalkan produksi kelenjar getah bening yang membantu memaksimalkan penyembuhan luka.

5. Sering Sakit

Salah satu fungsi vitamin D adalah, menjaga sistem imun tetap kuat sehingga tubuh secara alami mampu melawan virus dan bakteri yang menyebabkan penyakit. Maka dari itu, saat kamu kekurangan vitamin D, sistem kekebalan tubuh akan melemah dan menyebabkan kamu mudah sakit.

Selain dampak di atas, kekurangan vitamin D akan membuat rambutmu rontok. Maka dari itu, jika terdapat tanda-tanda di atas, mulailah membiasakan diri bangun pagi untuk berjemur di bawah sinar matahari.