FREQUENTLY ASKED QUESTIONS


Dilihat dari antioksidannya (khususnya EGCG yang merupakan antioksidan terkuat), White Tea merupakan jenis teh dengan kandungan antioksidan EGCG yang tertinggi diantara jenis teh lainnya, sehingga dapat memberikan manfaat kesehatan yang lebih baik.

Senyawa utama yang memberikan efek fisiologis bagi tubuh adalah Cathecin (senyawa polifenol), salah satunya adalah EGCG-EpiGalloCatechin Gallate. Jumlah kandungannya bervariasi tergantung varietas tehnya ataupun lokasi penghasil tehnya karena terkait dengan kondisi tanah dan iklim lingkungannya. Secara umum, kandungan EGCG pada white tea adalah 8% sedangkan pada green tea berkisar di 6.75% (sumber : Y. Hilal and U. Engelhardt, Journal of Consumer Protection and Food Safety "Characterisation of white tea – Comparison to green and black tea", 2007)

Perbedaan white tea, green tea, oolong tea dan black tea adalah pada bagian daun yang dipetik, serta proses  penghancuran dan proses fermentasinya. White Tea tidak mengalami proses tersebut sehingga memiliki keunggulan dalam aspek sensori maupun kandungan polifenolnya.

White tea hanya diambil dari pucuk paling muda yang belum mekar dengan proses pemetikan yang harus sangat hati-hati dan dilakukan sebelum matahari terbit. Proses demikianlah yang menyebabkan harga white tea lebih mahal dibandingkan jenis teh lainnya.

Fiesta White Tea adalah Produk Minuman Teh Siap Saji (ready to drink) premium yang diseduh dari daun teh termuda dengan kandungan antioksidan tertinggi.

Fiesta White Tea mengandung 0.21% (ekstrak dan daun) white tea, dengan mempertimbangkan penyelarasan aspek kesehatan yang diperoleh dengan kandungan polifenol dari white tea dengan aspek rasa yang dihasilkannya.

Pada proses pembuatannya, proses ekstraksi teh Fiesta White Tea dilakukan sedemikian rupa sehingga mampu mengekstrak teh berikut kandungan polifenolnya dengan sangat optimal dan efisien sehingga setiap kadar polifenol yang ada dalam daun teh terekstrak keluar.

Gula rafinasi dalam Fiesta White Tea ditambahkan untuk mendapatkan cita rasa manis yang pas, ringan dan lembut. Dengan mayoritas konsumen Fiesta White Tea adalah usia produktif maka Fiesta White Tea diminum selain untuk thirst quenching, juga dapat menyediakan asupan energi (kalori dari gula) untuk aktivitas mereka sehari-hari selain juga dapat menyehatkan karena kandungan polifenolnya.

Pada penderita diabetes yang kadar gula darahnya belum stabil dan pola makan yang tidak terkontrol tidak dianjurkan mengkonsumsi asupan gula tambahan tanpa rekomendasi dari dokter terlebih dahulu.  Jika ingin minum Fiesta White Tea sebaiknya tidak lagi mengkonsumsi minuman yang mengandung gula dalam sehari.

Ascorbic acid (vitamin c) adalah antioksidan yang berfungsi untuk melindungi polifenol dari proses oksidasi di dalam produk minuman teh. Selama penyimpanan dan proses pembuatan, polifenol rentan teroksidasi yang dapat menyebabkan warna produk teh menjadi semakin gelap dan kecoklatan. Kata lain dari asam askorbat adalah vitamin C.

Tidak, proses pembuatan Fiesta White Tea yang menggunakan teknologi Aseptic Cold-Filling membuat Fiesta White Tea tahan dalam waktu lama tanpa pengawet selama tutupnya masih tersegel sempurna.

Teh yang sudah diekstraksi/diseduh memiliki kecenderungan untuk mengalami proses oksidasi seiring berjalannya waktu. Hal ini dipengaruhi oleh faktor internal (banyaknya senyawa polifenol dan masih adanya enzim pengoksidasi) serta faktor eksternal (keberadaan udara/oksigen, cahaya dan panas). Oleh karena itu diperlukan adanya antioksidan (salah satunya adalah asam askorbat/ascorbic acid) untuk menghambat terjadinya proses oksidasi tersebut.

Tidak, kualitas teh tidak hanya ditentukan oleh warna namun ditentukan juga oleh kandungan dan jenis antioksidan yang dikandungnya untuk manfaat kesehatan tubuh.

Kondisi dengan cap (tutup botol) utuh (seal cap belum putus), tidak penyok dan tidak kembung.

Suhu optimum penanaman white tea pada umumnya adalah 10-30°C (dataran tinggi).

Pada proses aseptic cold filling, produk diisikan ke dalam kemasan pada suhu ruang dalam kondisi aseptik (dimana produk, kemasan dan ruangan dalam kondisi sudah disterilkan). Sedangkan pada proses hot filling, produk diisikan ke dalam kemasan dalam keadaan panas. Pada proses hot filling ini, beberapa senyawa (komponen) aktif bisa rusak karena kondisi panas yang berlebihan.

Karena rasa tehnya yang sangat menyegarkan tubuh, Fiesta White Tea dapat menjadi teman bagi makanan jenis apapun sebagai penghilang dahaga.

Tergantung dari seberapa lama dan optimalnya proses penyeduhan (ekstraksi) teh celup untuk mendapatkan polifenolnya. Pada Fiesta White Tea, proses ekstraksi dilakukan dengan seoptimal mungkin untuk mendapatkan polifenol yang maksimal.

Tidak selalu. Beberapa jenis teh daunnya difermentasi sehingga polifenolnya menjadi condensed polifenol (theaflavin) yang dapat memberikan rasa sepat yang tinggi. Memang banyak kalangan yang menyukai rasa sepat tersebut, akan tetapi memang perlu disadari bahwa dengan proses fermentasi tersebut, aktivitas/kekuatan antioksidannya lebih lemah dibandingkan cathecin (polifenol) yang belum terfermentasi (Sumber : Matthew E. Harbowy and Douglas A. Balentine. Tea Chemistry. 1997).

Fiesta White Tea aman untuk dikonsumsi anak-anak karena memang tidak mengandung bahan yang dilarang atau berbahaya. Namun perlu diperhatikan untuk jumlah konsumsi Fiesta White Tea agar kebutuhan zat gizi anak dapat terpenuhi dengan baik dari asupan makanan lainnya juga.

Tidak ada batasan berapa banyak botol yang bisa dikonsumsi, namun tidak dianjurkan untuk berlebihan (tidak melebihi 3 botol sehari). Perlu diperhatikan dengan asupan kalori dan zat gizi lainnya yang diperoleh dari makanan lainnya yang dibutuhkan tubuh untuk kebutuhan gizi hariannya.

Daun Teh Termuda Kaya Manfaat


Begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan melalui daun teh termuda yang kaya akan kebaikan untuk kesehatan tubuh kita, nikmati kesegaran Fiesta White Tea dengan kandungan antioksidan sangat tinggi dan beragam manfaat baik lainnya.

Lihat Manfaat ยป